,MAX,MIN.
Minggu, 19 Februari 2012
Panduan Ujian Praktik TIK Kelas XII
PANDUAN UJIAN PRAKTIK
TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
A. Latar
Belakang
Pelaksanaan
Ujian Praktik Khususnya untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
yang akan dilaksanakan bulan Maret 2012, maka perlu kiranya setiap guru TIK
untuk mempersiapkan diri demi kelancaran kegiatan ujian praktik. Kegiatan ini
merupakan bagian dari rangkaian Ujian Nasional yang diselenggarakan oleh setiap
sekolah, disamping itu bahwa kegiatan Ujian Praktik Mata Pelajaran teknologi Informasi
dan Komunikasi merupakan salah satu syarat kelulusan.
Pelaksanaan
kegiatan Ujian Akhir praktik ini diatur oleh penyelenggara Ujian Nasional di
Sekolah yang didasari oleh pedoman pelaksaaan ujian sekolah Kementrian
Pendidikan Nasional Tahun 2012.
Kegiatan
ini bertujuan untuk mengatur ketercapaian standar kompetensi kelulusan, untuk
itu perlu dibuat suatu panduan pedoman penskoran penilaian praktik mata
pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk tingkat Kab. Bogor Tahun
2012, baik dalam penilaian afektif dan psikomotor, denga harapan mempunyai
persepsi dan kriteria yang sama dalam membuat laporan penilaian terhadap
peserta didik.
B. Dasar
Hukum
C.
Maksud
dan Tujuan:
Penyusunan program ini pada
dasarnya memiliki maksud dan tujuan sebagai berikut:
D. Ruang
Lingkup
Ruang Lingkup Ujian Praktik Mata
Pelajaran Teknolog Informasi dan Komunikasi tahun 2012 adalah :
E. Peserta
Perserta Ujian Praktik Mata
Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 1 Cigombong diikuti
oleh seluh siswa dan siswi kelas XII Tahun pelajaran 2011/2012.
F. Waktu
dan Tempat Pelaksanaan
Pelaksanaan Ujian Praktik
dilaksanakan pada Tanggal 26 s.d 30 Maret 2012 dan bertempat di Sekolah
Penyelenggara Ujian Praktik.
G. Pengujian
Pengujian pada kegiatan Ujian
Praktik dilakukan oleh guru mata pelajaran masing-masing dengan jumlah penguji
diserahkan pada kemampuan Sekolah.
SPESIFIKASI
UJIAN PRAKTIK
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program :
Semua Jurusan
Bentuk Soal :
Tes Praktik
Bentuk Penilaian :
Praktik
No.
Standar
Kompetensi
KD
dan
Kompetensi
yang diujikan
Indikator
No.
Soal
1.
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Membuat dokumen pengolah
kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
Siswa Mampu membuat dokumen Ms Word ( Mail Mage)
1
2.
Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi
Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi
Mengirimkan file Surat resmi yang sudah dibuat dengan Ms-Word melalui
Email.
Siswa mampu mengirim email yang disertai lampirannya.
2
3.
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Angka
Mengolah dokumen pengolah
angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram untuk
menghasilkan informasi
Membuat tabel daftar nilai siswa.
Siswa mampu mengolah daftar Nilai dengan Ms Excel (SUM, AVERAGE, IF, COUNT/A,COUNTIF
3
4.
Menggunakan Perangkat Lunak desain grafis
Membuat
grafis dengan berbagai
variasi warna, bentuk, dan ukuran
Membuat logo sekolah
Siswa mampu membuat logo sekolah dengan menggunakan aplikasi grafis
vektor.
4
5.
Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi
Membuat presentasi teks
dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
Siswa mampu membuat slide presentasi yang intraktif.
5
No Soal
No.
Aspek yang dinilai
Skor
1
1.
Membuat Kop
Surat Pada Header
20
2.
Kerapihan
Ketikan Surat
20
3.
Membuat
basis data
20
4.
Menggabungkan
basis data dengan lembar ketikan surat
20
5.
Menampilkan
data
10
6.
Ketepatan
waktu pengerjaan
10
JUMLAH
100
No. Soal
No.
Aspek yang dinilai
Skor
2.
1.
Kesesuaian
subjek
30
2.
Terdapat
lampiran file
50
3.
Ketepatan
waktu pengiriman
20
JUMLAH
100
No. Soal
No.
Aspek yang dinilai
Skor
3.
1.
Kesesuaian
penggunaan Rumus/Fungsi Jumlah Total Nilai
10
2.
Kesesuaian
penggunaan Rumus/Fungsi Rata-rata
10
3.
Kesesuaian
penggunaan Rumus/Fungsi IF ( Ket. Lulus dan Tidak Lulus)
10
4.
Kesesuaian
penggunaan Rumus/Fungsi Count/a ( Jumlah data)
10
5.
Kesesuaian
penggunaan Rumus/Fungsi Max ( Nilai tertinggi)
10
6.
Kesesuaian
penggunaan Rumus/Fungsi Min ( Nilai terendah)
10
7.
Kesesuaian
penggunaan Rumus/Fungsi Countif ( Jmlh Siswa yang lulus / tidak Lulus)
20
8.
Kerapihan
pembutan tabel pada dokumen
10
9.
Ketepatan
waktu pengerjaan soal
10
JUMLAH
100
No. Soal
No.
Aspek yang dinilai
Skor
4.
1.
Kesesuaian
betuk grafis
20
2.
Kesesuaian
pemilihan warna grafis
20
3.
Kesesuaian
tata letak / layout teks
20
4.
Kesesuian
Ukuran gambar dengan lembar kerja
20
5.
Ketepatan
Waktu
20
JUMLAH
100
No Soal
No.
Aspek yang dinilai
Skor
5.
1.
Kesesuaian
isi denga tema yang dipilih
20
2.
Kesesuaian
Jumlah Slide dengan yang ditentukan
20
3.
Adanya
penyisipan gambar, animasi, slide transition, sound dan musik
50
4.
Timing yang
tepat
10
JUMLAH
100
0 komentar:
Komentar baru tidak diizinkan.