Selamat Datang di Blog SMA Negeri 1 Cigombong .::. Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012 akan dimulai pada tanggal 1 Februari 2012 jam 08.00 WIB info lebih lanjut kunjungi website http://www.undangan.snmptn.ac.id.::.

Minggu, 19 Februari 2012

Panduan Ujian Praktik TIK Kelas XII



PANDUAN UJIAN PRAKTIK
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
TAHUN PELAJARAN 2011-2012

A.     Latar Belakang
Pelaksanaan Ujian Praktik Khususnya untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang akan dilaksanakan bulan Maret 2012, maka perlu kiranya setiap guru TIK untuk mempersiapkan diri demi kelancaran kegiatan ujian praktik. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Ujian Nasional yang diselenggarakan oleh setiap sekolah, disamping itu bahwa kegiatan Ujian Praktik Mata Pelajaran teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu syarat kelulusan.
Pelaksanaan kegiatan Ujian Akhir praktik ini diatur oleh penyelenggara Ujian Nasional di Sekolah yang didasari oleh pedoman pelaksaaan ujian sekolah Kementrian Pendidikan Nasional Tahun 2012.
Kegiatan ini bertujuan untuk mengatur ketercapaian standar kompetensi kelulusan, untuk itu perlu dibuat suatu panduan pedoman penskoran penilaian praktik mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk tingkat Kab. Bogor Tahun 2012, baik dalam penilaian afektif dan psikomotor, denga harapan mempunyai persepsi dan kriteria yang sama dalam membuat laporan penilaian terhadap peserta didik.

B.     Dasar Hukum
  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.59 Th. 2011 tentang kriteria Kelulusan peserta didik dari satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/ Madrasah dan Ujian Nasional.
  2. Keputusan BSNP No. 0011/P/BSNP/XI/2011 tentang prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah Tahun 2011/2012.
  3. Pedeoman Pelaksanaan Ujian Sekolah Departemen Pendidikan Nasional tahun 2011.

                                                       
C.     Maksud dan Tujuan:
Penyusunan program ini pada dasarnya memiliki maksud dan tujuan sebagai berikut:
  1.  Menjadi panduan bagi pelaksanan kegiatan ujian praktik Teknologi Informasi dan Komunikasi lebih terarah, terencana dan terkoordinasi.
  2. Memudahkan pengawasan Kepala Sekolah dan panitia dalam pelaksanaan Ujian Praktik.
  3. Mengevaluasi personal yang terlibat dalam proses pendidikan untuk selanjutnya memperbaiki segala kekurangan.
  4. Memiliki suatu pedoman dan standar yang sama dalam memperbaiki penilaian ujian akhir mata pelajaran Teknologi  dan Komunikasi di Tingkat Kab. Bogor Tahun 2012.

D.     Ruang Lingkup
Ruang Lingkup Ujian Praktik Mata Pelajaran Teknolog Informasi dan Komunikasi tahun 2012 adalah :
  1. Membuat dokumen surat resmi dengan mail marge pada program aplikasi Ms-Word.
  2. Mengirimkan dokumen surat yang telah dibuat dengan menggunakan Email disertakan pada Attacment File.
  3. Mengolah Nilai Statistik dan Matematis pada Ms Excel.
  4. Membuat Logo Sekolah dengan program aplikasi desain grafis vektor ( Corel Draw).
  5. Membuat slide presentasi. 

E.     Peserta
Perserta Ujian Praktik Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 1 Cigombong diikuti oleh seluh siswa dan siswi kelas XII Tahun pelajaran 2011/2012.

F.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pelaksanaan Ujian Praktik dilaksanakan pada Tanggal 26 s.d 30 Maret 2012 dan bertempat di Sekolah Penyelenggara Ujian Praktik.

G.    Pengujian
Pengujian pada kegiatan Ujian Praktik dilakukan oleh guru mata pelajaran masing-masing dengan jumlah penguji diserahkan pada kemampuan Sekolah.
   
SPESIFIKASI UJIAN PRAKTIK

Mata Pelajaran                 : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program                             : Semua Jurusan
Bentuk Soal                      : Tes Praktik
Bentuk Penilaian              : Praktik

No.
Standar Kompetensi
KD dan
Kompetensi yang diujikan
Indikator
No. Soal
1.
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram


Siswa Mampu membuat dokumen Ms Word ( Mail Mage)
1
2.
Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi
 Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi

Mengirimkan file Surat resmi yang sudah dibuat dengan Ms-Word melalui Email.
Siswa mampu mengirim email yang disertai lampirannya.
2
3.
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Angka
Mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram untuk menghasilkan informasi

Membuat tabel daftar nilai siswa.
Siswa mampu mengolah daftar Nilai dengan Ms Excel (SUM, AVERAGE, IF, COUNT/A,COUNTIF
,MAX,MIN.
3
4.
Menggunakan Perangkat Lunak desain grafis
Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran

Membuat logo sekolah
Siswa mampu membuat logo sekolah dengan menggunakan aplikasi grafis vektor.
4
5.
Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi
Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
Siswa mampu membuat slide presentasi yang intraktif.
5




No Soal
No.
Aspek yang dinilai
Skor
1
1.
Membuat Kop Surat Pada Header
20
2.
Kerapihan Ketikan Surat
20
3.
Membuat basis data
20
4.
Menggabungkan basis data dengan lembar ketikan surat
20
5.
Menampilkan data
10
6.
Ketepatan waktu pengerjaan
10

JUMLAH
100


No. Soal
No.
Aspek yang dinilai
Skor
2.
1.
Kesesuaian subjek
30
2.
Terdapat lampiran file
50
3.
Ketepatan waktu pengiriman
20

JUMLAH
100

No. Soal
No.
Aspek yang dinilai
Skor
3.
1.
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi Jumlah Total Nilai
10
2.
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi Rata-rata
10
3.
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi IF ( Ket. Lulus dan Tidak Lulus)
10
4.
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi Count/a ( Jumlah data)
10
5.
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi Max ( Nilai tertinggi)
10
6.
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi Min ( Nilai terendah)
10
7.
Kesesuaian penggunaan Rumus/Fungsi Countif ( Jmlh Siswa yang lulus / tidak Lulus)
20
8.
Kerapihan pembutan tabel pada dokumen
10
9.
Ketepatan waktu pengerjaan soal
10

JUMLAH
100

No. Soal
No.
Aspek yang dinilai
Skor
4.
1.
Kesesuaian betuk grafis
20
2.
Kesesuaian pemilihan warna grafis
20
3.
Kesesuaian tata letak / layout teks
20
4.
Kesesuian Ukuran gambar dengan lembar kerja
20
5.
Ketepatan Waktu
20

JUMLAH
100

No Soal
No.
Aspek yang dinilai
Skor
5.
1.
Kesesuaian isi denga tema yang dipilih
20
2.
Kesesuaian Jumlah Slide dengan yang ditentukan
20
3.
Adanya penyisipan gambar, animasi, slide transition, sound dan musik
50
4.
Timing yang tepat
10

JUMLAH
100



0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More